MANAJEMEN UMUM
TUGAS 4
1. Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan (Leadership) serta apa yang membedakan seorang pemimpin dengan manajer?
Jelaskan jawaban anda!
Jawab:
Kepemimpinan (Leadership) adalah sesuatu yang muncul dari dalam diri dan merupakan buah dari keputusan seseorang untuk mau menjadi pemimpin, baik bagi dirinya sendiri, bagi keluarganya, bagi lingkungan pekerjaannya, maupun bagi lingkungan sosial dan bahkan bagi negerinya.
Pemimpinan adalah seorang yang ingin mencapai tujuan bersama dengan meumuskan visi dan misi yang telah dimiliki yang akan dijalankan atau dilkukan bersama dengan kelompoknya . Jika seorang pemimpin memiliki bawahan, maka visi dan misi tersebut akan dilaksanakan dan mencapai tujuan yang sama. Untuk menjalin kerjasama yang baik antara pemimpin dan bawahanya, seorang pemimpin harus memiliki sifat yang disiplin, sopan santun, ramah, menghargai dan memotivasi agar orang yang dipimpin semangat untuk menumbuhkan ide-ide yang bagus untuk pemimpinnya, serta memiliki sifat bertanggungjawab atas apa yang dilakukan, jika seorang pemimpin tidak memiliki sifat seperti yang disebutkan tadi, maka bawahan tidak akan memiliki sifat yang sama seperti pemimpinya. Misalnya seorang pemimpin tidak memiliki sifat disiplin dalam mengerjakan tugas, maka tugas bawahannya pun juga akan terbengkalai akibat tidak disiplin, dan kerjasama antara pemimpin dan atsan tidak terlaksana dengan baik. Oleh karna itu, seorang pemimpin yang baik harus bisa mencontohkan perilaku baiknya terhadap bawahan, agar bawahan bisa meniru sifat atasannya, maka kerjasama akan terjalin dengan baik dan sesuai dengan yang diinginkan.
Manajer adalah seseorang yang bisa memanage (mengatur) dirinya sendiri dan mampu mengatur serta menyuruh bawahnya atau karyawannya bekerja dengan baik sesuai yang diinginkannya, sehingga karyawan yang disuruhnya tidak merasa disuruh.
Dari penjelasan yang ada, dapat disimpulkan bahwa seorang pemimpin membutuhkan seorang manajer untuk mengatur sebuah organisasi yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan yang sama dan mencapai hasil yang sesuai dengan yang diinginkan. Yang membedakan adalah pemimpin lebih bertanggungjawab atas apa yang telah ia lakukan sedangkan manajer adalah seorang yang mengarahkan bagaimana jalanya suatu pekerjaan agar sesuai dengan apa yang telah direncanakan, jadi pada intinya pemimpin dengan manajer itu saling ketergantungan untuk mencapai tujuan yang sama.
2. Jelaskan mengapa pengendalian menjadi penting dalam pelaksanaan fungsi manajemen!
Jawab:
Dalam manajemen pengendalian sangat penting, karena dalam manajemen adanya pengawasan dalam melakukan setiap aktivitas yang dilakukan karyawan untuk menjaga organisasi agar tetap berada pada jalur yang sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan, agar bisa melakukan pengoreksian jika diperlukan.
3. Seseorang yang tadinya rajin di dalam pelaksanaan suatu pekerjaan tiba-tiba tanpa alasan yang jelas kemudian menunjukkan kinerja yang kurang memuaskan diantaranya datang sering terlambat dan sering terlambat dalam menyerahkan pekerjaannya.
TUGAS 4
1. Apa yang dimaksud dengan kepemimpinan (Leadership) serta apa yang membedakan seorang pemimpin dengan manajer?
Jelaskan jawaban anda!
Jawab:
Kepemimpinan (Leadership) adalah sesuatu yang muncul dari dalam diri dan merupakan buah dari keputusan seseorang untuk mau menjadi pemimpin, baik bagi dirinya sendiri, bagi keluarganya, bagi lingkungan pekerjaannya, maupun bagi lingkungan sosial dan bahkan bagi negerinya.
Pemimpinan adalah seorang yang ingin mencapai tujuan bersama dengan meumuskan visi dan misi yang telah dimiliki yang akan dijalankan atau dilkukan bersama dengan kelompoknya . Jika seorang pemimpin memiliki bawahan, maka visi dan misi tersebut akan dilaksanakan dan mencapai tujuan yang sama. Untuk menjalin kerjasama yang baik antara pemimpin dan bawahanya, seorang pemimpin harus memiliki sifat yang disiplin, sopan santun, ramah, menghargai dan memotivasi agar orang yang dipimpin semangat untuk menumbuhkan ide-ide yang bagus untuk pemimpinnya, serta memiliki sifat bertanggungjawab atas apa yang dilakukan, jika seorang pemimpin tidak memiliki sifat seperti yang disebutkan tadi, maka bawahan tidak akan memiliki sifat yang sama seperti pemimpinya. Misalnya seorang pemimpin tidak memiliki sifat disiplin dalam mengerjakan tugas, maka tugas bawahannya pun juga akan terbengkalai akibat tidak disiplin, dan kerjasama antara pemimpin dan atsan tidak terlaksana dengan baik. Oleh karna itu, seorang pemimpin yang baik harus bisa mencontohkan perilaku baiknya terhadap bawahan, agar bawahan bisa meniru sifat atasannya, maka kerjasama akan terjalin dengan baik dan sesuai dengan yang diinginkan.
Manajer adalah seseorang yang bisa memanage (mengatur) dirinya sendiri dan mampu mengatur serta menyuruh bawahnya atau karyawannya bekerja dengan baik sesuai yang diinginkannya, sehingga karyawan yang disuruhnya tidak merasa disuruh.
Dari penjelasan yang ada, dapat disimpulkan bahwa seorang pemimpin membutuhkan seorang manajer untuk mengatur sebuah organisasi yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan yang sama dan mencapai hasil yang sesuai dengan yang diinginkan. Yang membedakan adalah pemimpin lebih bertanggungjawab atas apa yang telah ia lakukan sedangkan manajer adalah seorang yang mengarahkan bagaimana jalanya suatu pekerjaan agar sesuai dengan apa yang telah direncanakan, jadi pada intinya pemimpin dengan manajer itu saling ketergantungan untuk mencapai tujuan yang sama.
2. Jelaskan mengapa pengendalian menjadi penting dalam pelaksanaan fungsi manajemen!
Jawab:
Dalam manajemen pengendalian sangat penting, karena dalam manajemen adanya pengawasan dalam melakukan setiap aktivitas yang dilakukan karyawan untuk menjaga organisasi agar tetap berada pada jalur yang sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan, agar bisa melakukan pengoreksian jika diperlukan.
3. Seseorang yang tadinya rajin di dalam pelaksanaan suatu pekerjaan tiba-tiba tanpa alasan yang jelas kemudian menunjukkan kinerja yang kurang memuaskan diantaranya datang sering terlambat dan sering terlambat dalam menyerahkan pekerjaannya.
Berdasarkan uraian diatas menurut anda kira-kira apa yang terjadi dengan
karyawan tersebut? Jika anda menjadi atasan langsung dari karyawan tersebut apa
yang akan anda lakukan pada karyawan tersebut ?
Jawab:
Mungkin karyawan tersebut sedang mempunyai masalah pribadi sehingga menjadi beban pada pikirannya dan terbawa pada saat bekerja serta menghasilkan pekerjaan yang kurang memuaskan untuk pemimpinnya.
Jika saya menjadi atasannya, saya akan mecoba untuk menegur dan berusaha untuk mengetahui masalah apa yang sedang terjadi pada dirinya, dan menasihatinya agar tidak terulang lagi. Dan jika peristiwa itu terulang lagi, maka saya akan berusaha untuk lebih memperhatikan dan mengawasi karyawan tersebut serta berusaha untuk menasihatinya agar dia bisa membedakan masalah pribadi dengan pekerjaanya, dan tetap fokus pada perjaanya. Karna sebagai atasan saya harus bisa memahami kondisi yang ada pada karyawan saya, agar pekerjaan tidak menjadi lamban dan bisa memotivasi karyawan saya agar ia semangat dalam mengerjakan pekerjaannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar