Organisasi adalah tempat dimana setiap
individu berkumpul menjadi satu dan membentuk sebuah kelompok untuk bekerjasama
satu sama lain dan mendirikan suatu tujuan serta sasaran yang sama. Setiap
individu dalam sebuah organisasi saling bergantung (membutuhkan) satu dengan
yang lainnya, agar sebuah organisasi bisa berjalan dengan baik.
Ciri-ciri Organisasi:
1. Kerjasama yang baik antar individu
2. Adanya atasan dan bawahan
3. Tujuan dan sasaran yang sama
4. Ada tugas-tugas yang telah ditentukan untuk
setiap individu
5. Adanya sebuah tata tertib yang harus ditaati
setiap individu agar sebuah organisasi dapat berjalan dengan baik dan sesuai
dengan apa yang ditujukan
Menurut Berelson dan Steiner(1964:55)
sebuah organisasi memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Formalitas, merupakan ciri organisasi sosial
yang menunjuk kepada adanya perumusan tertulis daripada peratutan-peraturan,
ketetapan-ketetapan, prosedur, kebijaksanaan, tujuan, strategi, dan seterusnya.
2. Hierarkhi, merupakan ciri organisasi yang
menunjuk pada adanya suatu pola kekuasaan dan wewenang yang berbentuk piramida,
artinya ada orang-orang tertentu yang memiliki kedudukan dan kekuasaan serta
wewenang yang lebih tinggi daripada anggota biasa pada organisasi tersebut.
3. Besarnya dan Kompleksnya, dalam hal ini pada
umumnya organisasi sosial memiliki banyak anggota sehingga hubungan sosial
antar anggota adalah tidak langsung (impersonal), gejala ini biasanya dikenal
dengan gejala “birokrasi”.
4. Lamanya (duration), menunjuk pada diri bahwa
eksistensi suatu organisasi lebih lama daripada keanggotaan orang-orang dalam
organisasi itu.
Sumber:
zeincom.wordpress.com/2011/10/22/cuoto/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar